Cara Menyelenggarakan Kuliah Jarak Jauh


Pada zaman internet seperti sekarang ini, kuliah jarak jauh semakin jamak saja. Dosen mengajar di Jakarta, mahasiswa belajar di Makassar atau Palembang, menjadi hal biasa.

Bagaimana cara menyelenggarakan kuliah jarak jauhnya? Apa saja yang harus dipersiapkan seorang dosen sebelum mengajar secara online? Berikut adalah tips-nya.

1. Siapkan Modulnya

Untuk menyelenggarakan kuliah jarak jauh, seorang dosen harus menyiapkan modul belajar terlebih dahulu. Modul dengan format video bisa direkam sebelumnya, untuk disiarkan pada jadwal yang telah ditentukan.

Modul rekaman lebih direkomendasikan, karena lebih mudah dan lebih murah. Sekali sesi perekaman bisa menghasilkan dua atau tiga bahan kuliah. Jadi, tidak perlu setiap kali mau memberi kuliah baru merekam bahan.

Alat perekam cukup menggunakan handycam. Kalau kepepet, boleh juga menggunakan smartphone. Tetapi, smartphone direkomendasikan hanya kalau terpaksa. Selagi masih bisa menggunakan perangkat yang lebih baik, hindari menggunakan smartphone untuk merekam. Penampakan video rekaman akan pecah kalau ditonton mahasiswa menggunakan personal computer atau laptop. Apalagi kalau ditayangkan di kelas menggunakan projector.

Kalau tidak sempat merekam, tentu saja bisa menggunakan teknik siaran langsung atau live cast. Cara ini meskipun bisa memerlukan kemampuan teknik tersendiri. Bagi yang belum berpengalaman, risiko gagalnya akan tinggi.

2. Siapkan Streamernya
Bila modul sudah aman, langkah selanjutnya adalah menyiapkan streamernya sebagai perangkat pengirim data. Streamer secara sistem terdiri atas beberapa komponen, seperti personal computer atau laptop sebagai peralatan utama, ditambah modem internet sebagai alat pengirim.

3. Siapkan Platformnya
Dua langkah telah selesai, sekarang saatnya menyiapkan platform atau media untuk menampilkan materi kuliah. Platform ada dua jenis, yakni platform searah dan dua arah. Platform searah misalnya TV online. Sedangkan platform dua arah seringkali disebut webinar.

Banyak platform TV online dan webinar yang bisa diunduh di market place khusus aplikasi. Ada yang gratis. Ada yang berbayar. Silakan pilih yang disukai.

4. Siapkan Waktu Chatting
Kalau semua langkah di atas sudah dilakukan, tiba saatnya untuk melakukan kuliah jarak jauh. Meski yang disiarkan file rekaman, Anda harus tetap ''mantenging'' selama siaran berlangsung. Sebab, bisa saja ada mahasiswa yang bertanya melalui text chatt.

Demikian tips menyelenggarakan kuliah jarak jauh. Bila masih bingung, jangan sungkan hubungi saya. Dengan senang hati saya akan membantu Anda.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengirim Berita Video ke Redaksi TV

Panduan Praktis Menulis Biografi

Peluang Bisnis Tahu Nigarin Organik